PENGENDALIAN PENYAKIT MULUT DAN KUKU

Operator Alasangker 03 Agustus 2022 13:30:56 WITA

Penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba termasuk juga hewan liar seperti gajah, rusa dan sebagainya. PMK disebut juga sebagai air borne disease karena sangat kecilnya virus ini mampu menyebar cepat dengan bantuan angin sampai ratusan kilometer. Penyakit mulut dan kuku tidak ditularkan ke manusia (bukan penyakit zoonosis), sehingga daging dan susu aman untuk dikonsumsi.

Mengingat besarnya potensi kerugian ekonomi yang dapat ditimbulkan oleh merebaknya PMK ini. Pemerintah Desa Alasangker menghimbau kepada masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganannya PMK. Pencegahan dapat dilakukan dengan cara biosekuriti dan medis.

Pencegahan dengan cara biosekuriti : Perlindungan pada zona bebas dengan membatasi gerakan hewan, pengawasan lalu lintas dan pelaksanaan surveilans. Diupayakan pemotongan pada hewan terinfeksi, hewan baru sembuh, dan hewan-hewan yang kontak dengan agen PMK.Desinfeksi asset dan semua material yang terinfeksi (perlengkapan kandang, mobil, baju dll)Musnahkan bangkai, sampah dan semua produk hewan pada area yang terinfeksi serta Tindakan karantina.

Pencegahan dengan cara medis  

Untuk daerah tertular : Vaksin virus yang aktif mengandung adjuvant. Kekebalan 6 bulan setelah dua kali pemberian vaksin, sebagian tergantung pada  antigen yang berhubungan antara vaksin dan strain yang sedang mewabah. Untuk daerah bebas : Pengawasan lalu lintas ternak. Pelarangan pemasukan ternak dari daerah tertular. Sedangkan upaya penanganan yang dapat dilakukan adalah : Isolasi ternak sakit, Pemberian antipiretik, analgesic, Pemberian vitamin & suplemen ATP, Pemberian antibiotic (Long Action), Kuku yang luka diberi obat semprot luka, Bisa diberikan penguat lainnya (empon-empon), Pemberian obat dan vitamin perlu diulang sampai ternak sembuh, Ternak sakit diupayakan bisa makan, meskipun nafsu makan menurun, Ternak dewasa lebih dapat bertahan  dibandingkan dengan anakan.

Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Komentar atas PENGENDALIAN PENYAKIT MULUT DAN KUKU

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar