BERBAGI INFORMASI GERMAS DAN PENYULUHAN PENCEGAHAN OBESITAS

Operator Alasangker 15 Juli 2022 13:01:08 WITA

Obesitas adalah kondisi ketika lemak yang menumpuk di dalam tubuh sangat banyak akibat kalori masuk lebih banyak dibandingkan yang dibakar. Jika tidak segera ditangani, obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, hipertensi, hingga diabetes. Berdasarkan data World Health Organization di tahun 2016, ada sekitar 650 juta penduduk usia dewasa yang mengalami obesitas Sementara di tahun 2020, ada sekitar 39 juta anak usia di bawah 5 tahun yang menderita obesitas.Sedangkan data dari Riset Kesehatan Dasar Indonesia di tahun 2018 menunjukkan bahwa 22 persen atau sekitar 625.000 orang dewasa di Indonesia menderita obesitas. Dilatar belakangi hal tersebut Pemerintah Pusat bekerjasama dengan comunitas Panji Sakti Fitcamp melaksanakan kegiatan berbagi informasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Juli 2022 bertempat di Gedung Serbaguna Desa Alasangker.

Kegiatan ini dipandu langsung oleh Tim dari Comunitas Panji Sakti Fitcam yang dihadiri pula oleh Perbekel Desa Alasangker beserta Perangkat Desa, Ketua dan anggota BPD, LPM, Kelian Banjar Dinas se Alasangker, TP PKK Desa Alasangker, Kader Posyandu, Ketua dan Staf  Bumdes, Ketua dan Staf  LPD serta Karang Taruna Desa Alasangker

Tim dari Comunitas Panji Sakti menyampaikan Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan prilaku kurang sehat. Adapun kegiatan yang dilaksankan yaitu : Penyuluhan pencegahan obesitas, Cek kebugaran dan olahraga, Pembagian doorprice dan snack sehat. Penanganan utama pada obesitas adalah mengatur pola makan sehat dan sesuai dengan kebutuhan asupan kalori harian. Agar sukses, diet juga perlu disertai dengan aktif berolahraga setiap hari. Bila upaya tersebut tidak efektif menangani diet, dokter dapat merekomendasikan pasien untuk menjalani terap obat-obatan atau operasi. Obesitas bisa dicegah dengan mengatur jumlah kalori yang dikonsumsi. Kondisi ini juga dapat dicegah dengan mengurangi asupan makanan cepat saji dan minuman yang mengandung gula.

Ibu-ibu PKK Desa Alasangker sangat antusias didalam melaksanakan kegiatan olahraga. Harapan Pemerintah Desa Alasangker semoga kedepannya masyarakat bisa terbebas dari obesitas dan selalu pola hidup bersih dan sehat.

Komentar atas BERBAGI INFORMASI GERMAS DAN PENYULUHAN PENCEGAHAN OBESITAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar