PEMERINTAH DESA ALASANGKER MENGGELAR LOMBA BAHASA BALI

Operator Alasangker 18 Februari 2022 13:31:24 WITA

Bulan bahasa bali merupakan salah satu program prioritas Pemprov Bali dalam upaya pelestarian, pengembangan dan pemajuan bahasa, aksara dan sastra bali. Berdasarkan peraturan Gubernur Bali No 80 tahun 2018 tentang perlindungan Bahasa, aksara dan sastra Bali serta penyelenggaraan bulan bahasa bali. Kamis, 17 Pebruari 2022 dan Jumat 18 Pebruari 2020 bertempat di Kantor Perbekel Desa Alasangker Pemerintah Desa Alasangker menggelar lomba bulan bahasa bali tahun 2022. Adapun lomba yang digelar meliputi :

  1. Lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat SD
  2. Lomba Ngewacen Aksara Bali Tingkat SMP
  3. Lomba Nyatua Bali Tingkat Paiketan Krama Istri (PKK)

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Perbekel Desa Alasangker yang dihadiri oleh Kelian Desa Adat Bale Agung Tenaon, Ketua PHDI, BPD, LPM, Kelian Banjar Dinas se Alasangker, Tim dari Penyuluh Bahasa Bali, Guru Pendamping lomba, peserta Lomba, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Acara dimulai dengan sambutan dari Perbekel Desa Alasangker yang sekaligus membuka acara, dalam sambutannya beliau menyampaikan kegiatan Bulan Bahasa Bali mengangkat tema Danu Kerthi Gitaning Toya Ning yang memiliki makna agar setiap insan dapat menjaga kelestarian sumber air yang ada di seluruh Bali sebagai salah satu sumber kehidupan umat manusia, Beliau juga menyampaikan kegiatan ini sebagai langkah nyata dalam meleatarikan bahasa dan sastra bali, sekaligus untuk mendukung visi misi Pemerintah Provinsi Bali Nangun Sat Kerthi Lokal Bali.

Selanjutnya acara lomba Nyurat Aksara Bali, lomba nguacen Aksara Bali dan lomba Mesatua Bali. Para peserta sangat antusias sekali mengikuti kegiatan ini.

Setelah di dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap penilaian masing-masing lomba peserta. Untuk juara lomba Nyurat Aksara Bali :

  1. Ketut Risa Andayani (I)
  2. I Putu Angga Heryawan (II)
  3. Komang Caniastri (III)

Untuk Lomba Nguwacen Aksara Bali

  1. Ni Komang Merta Dewi (I)
  2. Made Anggun Vedania Kama Anjasmara (II)
  3. Kadek Wiati (III)

dan untuk lomba Mesatua Bahasa Bali

  1. Luh Putu Artaningsih, Spd
  2. Desak Putu Pidiasih, Spd
  3. Ni Nyoman Kastini

Selanjutnya penyerahan piagam dan hadiah kepada pemenang dan peserta lomba yang diserahkan langsung oleh Perbekel Desa Alasangker. Kegiatan ini berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid 19

Komentar atas PEMERINTAH DESA ALASANGKER MENGGELAR LOMBA BAHASA BALI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar