BADAN PENANGULANGAN BENCANA DAERAH MELAKSANAKAN PELATIHAN DAN SOSIALISASI BENCANA DI DESA ALASANGKER

Gst Nyoman Indrawati 20 September 2024 11:44:59 WITA

Dalam rangka peningkatan budaya sadar bencana dan kapasitas masyarakat rentan serta untuk mengurangi risiko bencana di Desa Alasangker. Jumat, 20 September 2024 bertempat di Kantor Perbekel Desa Alasangker BPBD Kabupaten Buleleng melaksanakan kegiatan pelatihan, pencegahan, dan mitigasi penanggulangan bencana gempa bumi sekaligus sosialisasi pembentukan Forum PRB di Desa Alasangker.

Kegiatan ini dihadiri oleh Perbekel Desa Alasangker beserta Perangkat Desa, Ketua dan Anggota BPD, Kelian Banjar Dinas se Alasangker, Ketua dan Pengurus LPM, Babinsa, Babinkamtibmas, Danton Linma Hansip, Ketua dan Pengurus Karang Taruna Desa Alasangker.

Dalam sambutannya Perbekel Desa Alasangker menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan upaya bersama dalam mengurangi resiko bencana di Desa Alasangker.

Selanjutnya pemaparan materi oleh Penyuluh Bencana Bapak I GDe Darma Setiawan S.Sos Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik sebelum maupun setelah bencana terjadi. Mitigasi bencana bertujuan untuk:

Mengenali risiko bencana

Meningkatkan kesadaran masyarakat akan risiko bencana

Melakukan perencanaan penanggulangan bencana

Meminimalisir risiko bencana

Meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi bencana

Menjadi pedoman pemerintah dalam perencanaan pembangunan. Melalui penyuluhan ini diharapkan masyarakat Desa Alasangker mampu memahami terkait dengan mitigasi bencana gempa bumi agar dapat mengantisipasi dan terhindar dari timbulnya korban bencana.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar