Pengelukat Pura Pesiraman ( Gerembengan ) Desa Alasangker Banjar Dinas Juwukmanis.

Operator Alasangker 20 Agustus 2018 12:03:00 WITA

Sebuah tempat melukat yang terasa sekali aura ke-sakralannya. Air suci yang mengalir di sebuah goa  yang cukup sempit dan sangat alami. Hujan rintik - rintik sepanjang goa akan kita rasakan walaupun sebenarnya tidak turun hujan merinding itu yang kami rasakan sepanjang melalui lorong sempit yang tergenang air hingga sampai di dalam goa yang terdapat air mengalir di atas goa. Tempat melukat yang mungkin hanya cukup untuk 10 orang dengan melalui lorong sempit sekitar 4 meter. Sepanjang pandangan ke langit - langit goa tampak begitu indah dan sangat meneduhkan.

Konon tempat penglukatan ini " Bares ". Banyak orang yang datang kesini untuk memohon dan banyak pula yang kesini nawur sesangi setelah merasa yang termohon tercapai. Jika hendak melukat disini sebelumnya sembahyang dulu di Pura Bukit Puncak Mas dan juga Pura Bukit Alit. Pura Pesiraman atau Grembengan ini erat kaitannya dengan Pura Bukit Alit ataupun Pura Bukit Puncak Mas.

Menurut pemangku, tidak diperkenakan untuk memiliki pikiran - pikiran tidak baik di tempat ini, wanita hamil, menyusui dan sedang datang bulan juga tidak boleh melikat disini. Jagalah kesucian tempat ini dengan menghidari prilaku atau pikiran - pikiran yang tak pantas diucapkan.

Komentar atas Pengelukat Pura Pesiraman ( Gerembengan ) Desa Alasangker Banjar Dinas Juwukmanis.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar