Bulan Balai Gotong Royong

Operator Alasangker 25 Juli 2018 10:21:00 WITA

Gotong Royong adalah budaya asli Bangsa Indonesia yang sudah turun temurun diwariskan oleh para leluhur nusantara. Banyak bukti - bukti peradaban nusantara yang menyiratkan semangat gotong royong tumbuh subur dalam tiap sendi kehidupan masyarakat Tradisional Agraris Nusantara. Seperti relief - relief kehidupan masyarakat yang terdapat pada Candi - candi peninggalan peradaban Hindu Budha seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan, jelas tergambar sangat kentalnya kebersamaan masyarakat dalam mewujudkan tujuan bersama seperti dalam kegiatan pertanian, kehidupan nelayan, seni budaya dan yang lainnya. Semangat gotong royong juga terpatri dalam salah satu relief pada bangunan tempat sucu di Desa Alasangker yaitu di Pura Desa Bale Agung Tenaon.

Seiring dengan perkembangan Zaman arus moderensasi semakin menggilas dan bisa mengikis kehidupan masyarakat tradisional agraris masyarkat menjadi lebih konsumtif dan individualis. Seiring laju kemajuan zaman yang secara tidak langsung mengikis  budaya gotong royong yang Adi luhung, ini tergambar jelas dalam kehidupan sehari - hari dengan banyaknya timbul permasalahan yang menerangkan semakin rendahnya semangat  gotong royong.

Menyikapi hal ini Pemerintah Desa Alasangker berkomitmen untuk ikut adil dalam melestarikan budaya gotong royong Adi luhung itu, realisasi tekat  Pemerintah Desa Alasangker ini dijadikan dalam APBDesa tahun 2018 dengan alokasi dana Rp. 7.625.000,00 dalam kegiatan bulan bakti gotong royong.

Kegiatan gotong royong secara rutin dilakukan oleh pera kelian Banjar Dinas di wilayah masing - masing. Seperti kebersihan lingkungan, persiapan lahan untuk  program betonisasi jalan.

Sebagai masyarakat  agraris sudah selayaknya kita mempertahankan semangat gotong royong dalam tiap sendi kehidupan masyarakat, dengan gotong royong pekerjaan yang berat bisa  menjadi ringan karna beban pekerjaan terbagi, " Pemerintah Desa Alasangker berkomitmen untuk  melestarikan budaya gotong royong," ungkap Prebekel Alasangker  I Wayan Sitama, selaku Prebekel Alasangker, saat ditemui dalam kegiatan gotong royong kebersihn Lapangan Ganda Meru dalam rangka peresmian Lapangan dan persiapan pertandingan  Bola Voli antar Club / Desa Se-Kabupaten Buleleng yang diselenggarakan di Desa Alasangker pada tanggal 20 Juli sampai dengan 20 Agustus 2018.

Kegiatan gotong royong ini diikuti oleh semua Perangkat Desa, penglolaan Bumdes Giri Amerta  Desa Alasangker, pegawai LPD, pinpinan dan anggota BPD, Kelian Desa Pakraman Balai Agung Tenaon, dan Bapak Babinsa dan Bapak Babin Kamtimas Desa Alasangker. Kegiatan dimulai dari pukul 14:00 sampai pukul 17:00 wita. Semoga kegiatan gotong royong yang dilaksanakn oleh pemerintah Desa dan Desa Pakraman bisa mempertebal semangat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Komentar atas Bulan Balai Gotong Royong

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar