PUSKESMAS BULELENG III MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMERIKSAAN IVA- CRAYO DI DESA ALASANGKER

Operator Alasangker 06 Mei 2024 15:18:26 WITA

Kanker leher Rahim ( Kanker Serviks ) merupakan  kanker tebanyak yang ditemukan oleh Yayasan Kanker Indonesia setelah kanker payudara. Disisi lain kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang kanker termasuk faktor-faktor risiko dan upaya pencegahannya masih sangat kurang. Dalam upaya pencegahan kanker Serviks.  Senin, 06 Mei 2024 bertempat di Puskesmas pembantu Desa Alasangker. Puskesmas Buleleng III melaksanakan kegiatan pemeriksaan IVA-CRAYO detiksi kanker mulut Rahim secara gratis.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dr. Laras Kadek  Ayu Dwijayanti  dan Tim dari Puskesmas Buleleng III.

Sebelum kegiatan dimulai dilaksanakan penyuluhan kepada masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat, menghindari faktor risiko terkena kanker, melakukan immunisasi dengan vaksin HPV dan diikuti dengan deteksi dini kanker serviks tersebut melalui pemeriksaan pap smear atau IVA (inspeksi visual dengan menggunakan asam acetat). Pencegahan kanker serviks dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan reproduksi dan melakukan papsmear secara rutin bagi kelompok berisiko.

Jumlah Ibu –ibu yang melakukan pemeriksaan IVA sejumlah 16 orang. Diharapkan dengan adanya program deteksi dini kanker serviks melalui metode pemeriksaan IVA di Desa Alasangker  dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan organ reproduksi serta mencegah terjadinya progresifitas penyakit jika ditemukan gejala awal dari kanker serviks .

Komentar atas PUSKESMAS BULELENG III MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMERIKSAAN IVA- CRAYO DI DESA ALASANGKER

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar