PERAYAAN HARI RAYA NYEPI TAHUN CAKA 1946 DI DESA ALASANGKER

Operator Alasangker 10 Maret 2024 18:06:57 WITA

Hari Raya Nyepi adalah perayaan penting dalam agama Hindu yang dirayakan di Bali khususnya di Desa Alasangker. Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal Baru Caka, yang merupakan awal tahun baru dalam kalender Saka, kalender Hindu.

Pada Hari Raya Nyepi, umat Hindu mengamalkan tradisi-tradisi kuno yang menekankan pada kesunyian, refleksi, dan penyucian diri.

Kemudian, pada hari sebelum Nyepi, dilakukan upacara Bhuta Yadnya. Sebelum pelaksanaan Nyepi, terdapat sejumlah prosesi yang wajib dilaksanakan umat Hindu, salah satunya adalah pawai ogoh-ogoh atau pengerupukan pada satu hari sebelum Nyepi. Minggu, 10 Maret 2024. Pukul 16.00 WITA bertempat di Lapangan Ganda Meru. Para pemuda-pemudi dari setiap Sekaa Teruna Teruni (STT) se Desa Alasangker mengelar pengarakan ogoh-ogoh. Kegiatan ini dihadiri oleh Perbekel Desa Alasangker beserta Perangkat Desa, Kelian Desa Adat BAT, Banjar Dinas se Alasangker, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Alasangker, Hansip dan Pecalang. Dalam kesempatannya Perbekel Desa Alasangker Bapak I Wayan Sitama mengucapkan selamat hari raya Nyepi tahun baru Caka 1946 Semoga membawa kedamaian dan kesucian dalam hati serta memberikan energi positif untuk menghadapi tahun yang baru dengan semangat baru untuk membangun kemajuan desa. Sebelum pengarakan ogoh-ogoh, rangkaian pengerupukan diawali dengan upacara Tawur Agung Kesanga. Sementara itu, pengarakan ogoh-ogoh digelar pada sore atau sandhyakala hingga malam hari setelah melaksanakan upacara Mecaru di tempat tinggal. Pada pelaksanaan pengerupukan, ogoh-ogoh akan mengelilingi desa adat dan diiringi oleh obor serta gamelan. Setelah diarak mengelilingi desa, ogoh-ogoh tersebut kemudian dibakar. Pembakaran ogoh-ogoh dimaknai sebagai upaya memusnahkan kejahatan yang disimbolkan dengan Bhuta Kala di bumi. Keesokan harinya, masyarakat Bali merayakan Tahun Baru Caka atau Hari Raya Nyepi dengan keheningan dan melaksanakan Catur Brata Penyepian.

Komentar atas PERAYAAN HARI RAYA NYEPI TAHUN CAKA 1946 DI DESA ALASANGKER

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar