FAKULTAS UNIVERSITAS PANJI SAKTI MELAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT TERKAIT PENINGKATAN KAPASITAS TE

Operator Alasangker 30 Desember 2022 13:03:27 WITA

Jumat, 30 Desember 2022 bertempat di Kantor Perbekel Desa Alasangker. Fakultas Universitas Panji Sakti melaksanakan pengabdian kepada masyrakat dalam peningkatan kapasitas teknologi irigaso budidaya tanaman dipekarangan pada KWT (Kelompok Wanita Tani) Sari Rejeki Desa Alasangker.

Kegiatan ini diselenggarakan langsung oleh Tim dari Fakultas Universitas Panji Sakti yang dihadiri pula oleh Dinas Ketahan pangan dan perikanan kabupaten Buleleng, Perbekel Desa Alasangker, Ketua dan Anggota BPD, Kelian Banjar Dinas se Alasangker, Perangkat Desa, Ketua dan Pengurus PKK, Ibu-ibu KWT (Kelompok Wanita Tani)

Dalam sambutannya Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng menyampaiakan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan tentang pemanfaatan taman rumah dengan budidaya sayuran menggunakan polybag di masa New Normal. Untuk dapat mengoptimalkan fungsi taman rumah, maka peran perempuan sebagai pengelola rumah tangga dan menjaga ketahanan pangan keluarga sangat diperlukan. Selanjutnya diadakan diskusi yang di pandu oleh Ketua tim untuk menambah wawasan dan keterampilan baru tentang budidaya sayuran secara ekonomis. Setelah diskusi dilanjutkan simulasi secara langsung dari tim kelompok PKM, adapun simulasi yang diberikan adalah cara menanam sayuran dalam polybag, dari mulai penyediaan tanah, sekam dan pupuk kompos serta pemilihan bibit yang berkualitas.  Hal ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat mampu melakukan budidaya secara mandiri dan menghasilkan bahan pangan berkualitas yang dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun menjadi usaha dalam menambah penghasilan sehingga ketahanan pangan rumah tangga tetap tercapai. Kegiatan ini berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Komentar atas FAKULTAS UNIVERSITAS PANJI SAKTI MELAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT TERKAIT PENINGKATAN KAPASITAS TE

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar