PEMERINTAH DESA ALASANGKER MELAKSANAKAN PERAYAAN TUMPEK UYE BERDASARKAN DANU KERTHi

Operator Alasangker 27 Agustus 2022 09:34:14 WITA

Tumpek Uye atau Tumpek Kandang dirayakan setiap enam bulan sekali (210 hari) atau sesuai dengan penanggalan kalender bali jatuh pada setiap hari Sabtu Kliwon Wuku Uye. Makna dari upacara Tumpek Uye ini adalah sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih kepada binatang karena dapat membantu dalam kehidupan manusia. Dimana dalam tradisi masyarakat Hindu Bali pada hari tersebut dilakukan pemujaan keagungan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa melalui pemeliharaan atau pemuliaan atas ciptaan Beliau berupa binatang ternak atau peliharaan. 

Melalui Instruksi Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Uye dengan Upacara Danu Kerthi sebagai Pelaksanaan Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Baru. 

Sabtu, 27 Agustus 2022 Pemerintah Desa Alasangker melaksanakan Perayaan Tumpek Uye secara skala dan niskala. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Perbekel Desa Alasangker bersama Perangkat Desa dihadiri pula oleh BPD, Kelian Desa Adat BAT, Kelian Banjar Dinas se Alasangker, Babisa dan Babinkamtibmas.

Kegiatan secara skala dengan melaksanakan kegiatan gotong royong disekitar lingkungan Kantor menuju lapangan ganda meru. Secara niskala dilaksanakan dengan mengaturkan upakara sederhana dan persembahyangan bersama di Parhyangan Kantor Desa Alasangker. Dilanjutkan dengan pelepasan satwa ke alam bebas berupa burung perkutut.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan Sustainable Development Goals Desa (SDGs Desa). Tumpek Uye merupakan salah satu kearifan lokal masyarakat Hindu Bali dalam fungsi menjaga, memanfaatkan, dan melestarikan alam dan memperkuat ketahanan pangan, khususnya ketahanan pangan hewani. Dalam SDGs Desa terdapat beberapa tujuan pembangunan berkelanjutan yang harus diwujudkan oleh Desa yang berkaitan dengan makna filosofis Tumpek Uye, diantaranya Desa Tanpa Kemiskinan, Desa Tanpa Kelaparan, Desa Sehat dan Sejahtera, Desa Peduli Lingkungan. Kegiatan ini berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid 19.

Komentar atas PEMERINTAH DESA ALASANGKER MELAKSANAKAN PERAYAAN TUMPEK UYE BERDASARKAN DANU KERTHi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar