BIMBINGAN TEKNIS POKJA PENDATAAN DESA BERBASIS SDGs DESA ALASANGKER

Gst Nyoman Indrawati 17 Mei 2021 13:07:39 WITA

Berdasarkan Permendes PDTT Nomor 2/2016 tentang indek desa membangun dan Permendes PDTT Nomor 13/2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021 dan Permendes PDTT Nomor 21/2020 tentang pedoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Sabtu, 8 Mei 2021 di Kantor Perbekel Desa Alasangker dilaksanakan bimbingan teknis pokja pendataan desa berbasis SDGs. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Tenaga Ahli Kabupaten Buleleng Ibu Wayan Wedini beserta Pendamping Lokal Desa, dihadiri pula oleh Perbekel Desa Alasangker, Kelian Banjar Dinas se Alasangker,  Perangkat Desa, Tim Pendata SDGs Desa Alasangker.

Dalam sanbutannya Perbekel Desa Alasangker yang diwakili oleh Sekretaris Desa Bapak Ketut Purnada menyampaikan pemaparan mengenai SDGs merupakan program Kementerian Desa PDTT yang pemutakhiran data IDM berbasis SDGs Desa 2021 yang serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia dengan tujuan mewujudkan Desa Maju dan Sejahtera.

Tenaga Ahli Kabupaten Buleleng Ibu Wayan Wedini juga menyampaikan Pendataan SDGs ini adalah upaya terpadu pembangunan desa untuk mempercepat pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, serta mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli Kesehatan, Peduli lingkungan, peduli pendidikan, Desa Ramah Perempuan, Desa berjejaring, serta Desa tanggap budaya.

Dalam pendataan ini melibatkan 13 Pokja Relawan   yang kebanyakan sebagai Mahasiswa, Mereka mendata dengan langsung ke rumah- rumah warga agar mendapat data yang lebih akurat.adapun komponen – komponen yang akan didata surve keluarga meliputi lokasi dan pemukiman, pendidikan, kesehatan, pekerjaan, jumlah anggota keluarga, penghasilan, disabilitas. Didalam melaksanakan pendataan, para pokja diharapkan menerapkan Protokol Kesehatan. Kepada masyarakat diharapkan memberikan data yang benar sesuai keadaan sehingga data yang terhimpun lebih akurat.

Setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs yakni :

  1. Desa tanpa kemiskinan
  2. Desa tanpa kelaparan
  3. Desa sehat dan sejahtera
  4. Pendidikan desa berkualitas
  5. Desa berkesetaraan gender
  6. Desa layak air bersih dan sanitasi
  7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan
  8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa
  9. Inovasi dan infrastruktur desa
  10. Desa tanpa kesenjangan
  11. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan
  12. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan
  13. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa
  14. Ekosistem laut desa
  15. Ekosistem daratan desa
  16. Desa damai dan berkeadilan
  17. Kemitraan untuk pembangunan desa
  18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.  

Upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi Pandemi Covid 19 tidaklah mudah, karena itulah penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 SDGs desa yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi, program prioritas dan adaptasi kebiasaan baru didesa.

#Marilah Kita Sukseskan Program Pendataan SDGs ini Untuk Kemajuan Kita Bersama#

Komentar atas BIMBINGAN TEKNIS POKJA PENDATAAN DESA BERBASIS SDGs DESA ALASANGKER

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar