LOMBA BULAN BAHASA BALI VI TAHUN 2024 DI DESA ALASANGKER

Operator Alasangker 01 Maret 2024 13:42:21 WITA

Berdasarkan peraturan Gubernur Bali No 80 Tahun 2018 tentang perlindungan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. Jumat, 01 Maret 2024 bertempat di Kantor Perbekel Desa Alasangker. Pemerintah Desa Alasangker menyelenggarakan Lomba Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 dengan tema “ Jana Kerthi-Dharma Sahdu Nuraga”, yang dimaknai Bulan Bahasa Bali menjadi alat pemuliaan bahasa, aksara,dan sastra bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama (masyarakat) Bali. Adapun lomba yang digelar  3 Wimbakara diisi dengan Nyurat Aksara Bali Tingkat SD, Ngewacen Aksara Bali dan Ugrawakya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Perbekel Desa Alasangker yang dihadiri oleh Dewan Juri, Kelian Desa Adat Bale Agung Tenaon, , Ketua PHDI, Ketua dan Anggota BPD, LPM, Kelian Banjar Dinas se Alasangker, Tim dari Penyuluh Bahasa Bali, Guru Pendamping lomba, peserta Lomba, Babinsa dan Babinkamtibmas, Postu dan Bidan Desa, Kepala Sekolah SD  1,2 dan 3, Ketua Bumdes, Pemucuk LPD, Kepala Sekolah dan Guru TK Asti Kumara, Ketua dan Anggota TP PKK Desa Alasangker, Pendamping Desa.

Dalam sambutannya Perbekel Desa Alasangker menyampaikan hingga tahun keenam menjadi bentuk komitmen Pemerintah Desa Alasangker untuk melestarikan dan mengembangkan bahasa, aksara dan sastra Bali. Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali bertujuan menggugah kesadaran dan kecintaan terhadap bahasa daerah.

Setelah di dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap penilaian masing-masing lomba peserta. Untuk juara lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat SD :

1.I GUSTI NGURAH ALIT WAHYUDA

  1. LUH PUTU MIRAH AYU
  2. KADEK ARIKA AULANI

Lomba Ngewacen Aksara Bali :

  1. PUTU ANGGA HERYAWAN
  2. KADEK PUSPADI
  3. GUSTI NGURAH ARYA PRADNYADIPA

Lomba Ugrawakya Putra dan Putri :

  1. KETUT SUMBERTADA dan I GUSTI AYU PUTU ARI PRADNYANI
  2. KADEK ARDHI WIGUNA dan KETUT RISA ADNYANI
  3. KADEK NOVA BAGIASTIKA dan KETUT ARI SETYAWATI

Komentar atas LOMBA BULAN BAHASA BALI VI TAHUN 2024 DI DESA ALASANGKER

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar