PERAYAAN RAHINA TUMPEK UYE DENGAN UPACARA DANU KERTHI

Operator Alasangker 29 Januari 2022 11:16:41 WITA

Umat Hindu diBali menyebut hari ini adalah hari tumpek kandang atau tumpek Uye, yang jatuh setiap hari sabtu kliwon wuku uye, menurut perhitungan kalender Bali-Jawa yang datang setiap 6 bulan sekali. Menindaklanjuti Instruksi Gubernur Bali Nomor 01 Th 2022 tentang perayaan Rahina Tumpek Uye dengan upacara Danu Kerthi sebagai pelaksanaan Tata titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal sad kerti dalam Bali era baru. Sabtu 29 Januari 2022 bertempat di Pura Bale Agung Tenaon dan Bendungan Silangjana II Pemerintah Desa Alasangker bersama Desa Pekraman Adat Bale Agung Tenaon melaksanakan Danu Kerthi serangkai Hari Raya Tumpek Uye melalui kegiatan Sakala dan Niskala.

Adapun bentuk kegiatan Niskalanya Semua Aparat Desa dan Adat  melaksanakan Sembahyang bersama di Pura Desa Bale Agung Tenaon dan untuk kegiatan Sakala, melaksanakan resik sampah dan kebersihan disekitar jalan menuju bendungan Silangjana selanjutnya pelepasan 200 ekor bibit lele dan 22 ekor burung.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Perbekel Desa Alasangker beserta Perangkat Desa, dihadiri pula oleh Kelian Desa Adat BAT beserta Prajuru Adat, Kelian Banjar Dinas se Alasangker, BPD, LPM, LPD, Bumdes Giri Amerta, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Kegiatan ini merupakan salah wujud rasa kasih dan sayang serta ungkapan rasa terima kasih manusia kepada binatang peliharaan. Tumpek Uye juga bagian dari salah satu tradisi di Bali yang memiliki pesan moral untuk selalu bersahabat dengan alam beserta isinya.

Kegiatan ini berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid 19.

Komentar atas PERAYAAN RAHINA TUMPEK UYE DENGAN UPACARA DANU KERTHI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar