OPTIMALISASI PENDATAAN SWADAYA MURNI MASYARAKAT DAN PENGUNAAN SARANA PRASARANA KELEMBAGAAN KEMASYARA

Operator Alasangker 24 Juni 2021 11:48:03 WITA

Swadaya murni adalah kemampuan suatu kelompok masyarakat berupa daya maupun dana untuk mewujudkan suatu pembangunan baik itu fisik maupun non fisik.

Menindak lanjuti surat dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng No : 411.2/343/Bid.3/DPMD/2021 tanggal 15 Juni 2021 perihal dalam rangka optimalisasi pendataan swadaya murni masyarakat dan optimalisasi penggunaan sarana prasarana kelembagaan kemasyarakatan Desa tahun 2021. Selasa 22 Juni 2021 bertempat di Kantor Perbekel Desa Alasangker, dilaksanakan Pembinaan Pengembangan Partisipasi Masyarakat dan Sarana Prasarana Kelambagaan Tahun 2021. Kegiatan ini dihadiri Team dari Dinas PMD Provinsi, Dinas PMD Kabupaten Buleleng, Bapak Camat Buleleng yang diwakili kasi Pembangunan, Perbekel Desa Alasangker, Kelian Banjar Dinas se Alasangker dan Perangkat Desa.

Dalam sambutan Perbekel Desa Alasangker Bapak I Wayan Sitama merasa senang bahwa Desa Alasangker menerima pembinaan dari Dinas PMD Provinsi dan Kabupaten mengenai swadaya murni, dan diharapkan kepada peseta rapat agar bisa memahami dan menerapkan apa yang menjadi arahan dari Provinsi dan Kabupaten.

Dinas PMD Provinsi  Bapak Susila F. Dua Nurak  Kasi Keswadayaan  masyarakat dan penataan kelembagaan, memberikan arahan mengenai apa saja yang menjadi kendala dimasyarakat baik fisik maupun non fisik, peran aktif dari kelembagaan yang ada di Desa, serta sarana prasarana kelembagaan,

Yang dimaksud Swadaya Murni fisik yakni:

  1. Pembangunan tempat suci
  2. Pembuatan jalan
  3. Pembangunan sarana dan prasarana

Untuk swadaya murni non fisik yakni :

  1. Upacara yadnya
  2. Gotong royong
  3. Kegiatan dalam rangka HUT Proklamasi RI
  4. Pembinaan dan penilaian lomba

Pedoman pelaksanaan pendataan swadaya murni dan penunjang masyarakat masih menggunakan pedoman yang lama. Untuk pelaporan tersebut dilaporkan tiga bulan sekali.

Kegiatan ini berjalan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid 19

Komentar atas OPTIMALISASI PENDATAAN SWADAYA MURNI MASYARAKAT DAN PENGUNAAN SARANA PRASARANA KELEMBAGAAN KEMASYARA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Alasangker

tampilkan dalam peta lebih besar